Skip to main content

Gudeg Pawon Jogja, Gudeg Gurih nan Menggoda

Ketika kita mengunjungi Kota Jogja, maka makanan satu ini sudah pasti tidak boleh terlewatkan dari daftar kuliner. Gudeg sudah menjadi ikon utama kuliner dari tanah mataram ini, makanan yang terbuat dari olahan nangka ini banyak dijajakan mulai dari kedai-kedai ternama sampai di pinggir-pinggir jalan kota. Kebanyakan Gudeg dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Jogja, tapi jangan salah, ketika matahari mulai terbenam justru banyak kedai Gudeg yang baru menggelar lapak jualannya, salah satunya Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon baru buka malah hari sekitar pukul 21.00, dan hebatnya antriannya sudah mulai mengular sejam sebelum kedai ini buka. Jadi saya menyarankan ketika hendak mengunjungi tempat makan ini kiranya anda datang lebih awal sebelum jam buka menghindari antrian terlalu panjang dan menghindari kekecewaan jika ada menu yang sudah habis. 

Antrian Gudeg Pawon Jogja
Masyarakat menjulukinya Gudeg Pawon karena gudeg ini dijual langsung oleh pemiliknya di pawon (bahasa jawa dari dapur). Jadi para pengunjung mengantri di depan dapur pemiliknya dan makan di sekitar rumah pemiliknya. Jadi suasana yang ditawarkan pun sudah sangat berbeda dibandingkan tempat lain yang menjajakan gudeg. Selain itu yang membuat rasa gudeg ini sangat nikmat menurut saya karena masih dimasak dengan cara tradisional yakni dengan kayu dan tungku yang terbuat dari tanah liat (pawon), nasinya pun juga dimasak dengan metode yang sama, jadi saya pastikan anda tidak akan kecewa dengan rasanya.

Gudeg dimasak dan dijual langsung di dapurnya.
Selain suasananya, ada hal lain yang membedakan gudeg pawon dengan gudeg lainnya. Jika gudeg pada umumnya bercita rasakan manis maka gudeg pawon ini bercita rasakan cenderung asin, gurih. Jadi saya sebagai orang Jawa Timur merasa lebih cocok di lidah dibandingkan gudeg manis.

Pilihan lauk
Untuk lauknya bisa memilih ceker ayam, dada ayam, atau paha ayam, ada juga ati ampel dan telur. Dan saya rasa ayam yang digunakan di sini adalah ayam kampung, tapi sangat lembut sekali ketika mengigitnya. Untuk harganya sendiri masih normal menurut saya, sekita 20-40 ribuan satu bungkus, tepatnya saya lupa, karena saya baru dua kali ke sini, dan itu kebetulan waktu sepi, kalau ramai, nggak dulu deh wk
Penampakan Telor, Sambel Krecek dan Gudeg
Jadi, ketika mengunjungi Jogja, daripada mencoba gudeg yang rasanya mainstream, saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi tempat ini. Asalakan dengan syarat kita harus datang lebih awal supaya tidak mengantri terlalu lama. Selamat mencoba


Comments

Popular posts from this blog

Ketan Susu Kemayoran, Ketan Susu Legendaris dari Kemayoran, Jakarta

Awal mula perkenalan saya dengan ketan susu ini saat saya menonton sebuah acara kuliner di salah satu stasiun televisi swasta. Saya begitu tertarik lantaran warung ketan susu ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Nah bisa dibayangin kan sudah berapa lama ini warung bertahan. Selain itu hal menarik lainnya adalah dengan dipadukannya ketan susu dengan gorengan berupa tempe, wah ini belum pernah saya coba. Alhasil saya pun segera browsing dan mencari lokasi ketan susu legendaris satu ini. Letak warung ketan susu ini berada di Jalan Kemayoran Gempol, dulu daerah sini ada bandara sih katanya, Bandara Kemayoran, nah ini yang jadi alasan juga kenapa warung ketan susu ini buka 24 jam, yakni untuk memanjakan para pilot yang mungkin butuh pengganjal perut selepas melakukan penerbangan, gitu sih ceritanya.. hehe. Nah, mungkin temen-temen dari daerah Jabodetabek kalau ingin mencoba mencicipi ketan susu ini bisa naik KRL dan turun Stasiun Kemayoran dilanjut jalan kaki ( kalau kuat ) dan atau bis

Pengalaman Sewa / Rental Mobil Lepas Kunci Online via Hipcar

Berawal dari kebingungan mencari rental mobil lepas kunci di Jakarta, saya akhirnya menemukan aplikasi ini, namanya Hipcar. Hipcar adalah layanan rental/sewa mobil lepas kunci yang menggunakan aplikasi melalui smartphone, jadi kita tidak perlu bertemu pihak ketiga untuk melakukan penyewaan mobil, cukup dengan menggunakan smartphone. Kita bisa mendownload aplikasi ini di Playstore untuk Android maupun Apple Store untuk iOS. Jadi mulai dari booking, pemakaian dan pengembalian mobil cukup hanya lewat aplikasi, keren kan. Alhasil dari keisengan saya yang punya SIM A tapi tidak punya mobil ini, saya mencoba daftar di aplikasi Hipcar. Logo Hipcar Ya benar, untuk bisa melakukan sewa mobil lepas kunci di Hipcar kita harus melakukan registrasi di aplikasi, pada saat awal kita akan diminta untuk memasukkan email dan nomor HP yang bisa dihubungi serta tentu saja mengupload berkas KTP, SIM A dan Foto Selfie dengan memegang KTP. Kemudian saya menerima email bahwasanya pendaftaran saya a

Solo Travel Backpacker ke Jepang | Persiapan

Pertama kali dengar kata Jepang, saya teringat ketika dulu waktu SMA, saya pernah berjuang untuk bisa merasakan pengalaman student exchange dan beasiswa kuliah di Jepang. Waktu itu sebenarnya saya bisa memilih banyak negara, tapi saya memantapkan niat untuk memilih Jepang sebagai negara tujuan. Selain itu, inspirasi ke Jepang juga datang dari Guru Bahasa Inggris saya, Pak Eko Adri, yang pernah mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang, anak sulungnya yang juga kakak kelas saya juga berhasil dapetin kesempatan student exchange ke Jepang selama beberapa minggu. Tapi apa daya, saya cuman bisa lolos sampai tahap wawancara di Malang. Alhasil mimpi saya bisa nyebrang ke Jepang kandas. Tak berhenti di situ, mendekati kelulusan saya coba lagi mendaftar Beasiswa Monbugakuso dari Pemerintah Jepang, tapi seleksi administrasi pun saya sudah gagal. Mungkin karena saya ketinggian kali ya ambil jurusannya, kalau gak salah inget sih ambil jurusan undergraduate di bidang pertambangan, wk. Akhirnya semenja