Skip to main content

Pengalaman Sewa / Rental Mobil Lepas Kunci Online via Hipcar


Berawal dari kebingungan mencari rental mobil lepas kunci di Jakarta, saya akhirnya menemukan aplikasi ini, namanya Hipcar. Hipcar adalah layanan rental/sewa mobil lepas kunci yang menggunakan aplikasi melalui smartphone, jadi kita tidak perlu bertemu pihak ketiga untuk melakukan penyewaan mobil, cukup dengan menggunakan smartphone. Kita bisa mendownload aplikasi ini di Playstore untuk Android maupun Apple Store untuk iOS. Jadi mulai dari booking, pemakaian dan pengembalian mobil cukup hanya lewat aplikasi, keren kan. Alhasil dari keisengan saya yang punya SIM A tapi tidak punya mobil ini, saya mencoba daftar di aplikasi Hipcar.

Logo Hipcar
Ya benar, untuk bisa melakukan sewa mobil lepas kunci di Hipcar kita harus melakukan registrasi di aplikasi, pada saat awal kita akan diminta untuk memasukkan email dan nomor HP yang bisa dihubungi serta tentu saja mengupload berkas KTP, SIM A dan Foto Selfie dengan memegang KTP. Kemudian saya menerima email bahwasanya pendaftaran saya akan direview terlebih dahulu selama kurang lebih 1 x 24 jam (paling lama).


Email konfirmasi berhasilnya pendaftaran

Selang satu hari, apabila pihak Hipcar menerima semua data yang kita kirimkan, maka kita akan mendapatkan email bahwa akun Hipcar kita telah ter aktivasi. 

Email bahwa akun Hipcar telah di aktivasi
Langkah selanjutnya adalah melakukan top up saldo Hipcar. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus melakukan top up saldo terlebih dahulu, pada Aplikasi Hipcar, pihak Hipcar menawarkan banyak channel pengisian saldo dari berbagai macam Bank bahkan bisa melalui Go Pay. 

Setelah melakukan pengisian saldo, baru lah kita siap untuk menyewa mobil lepas kunci dengan aplikasi Hipcar. Kita tinggal mencari pangkalan Hipcar terdekat dari tempat kita tinggal dan melakukan booking melalui aplikasi, ada tiga jenis booking yang bisa kita lakukan melalui aplikasi ini yakni on demand (booking langsung), advance booking (booking sebelum tanggal kita akan memakai mobil tetapi ada tambahan booking fee diluar biaya sewa mobil). Untuk saat ini ketersediaan Hipcar di Jakarta cukup lumayan banyak, meski di waktu weekend seringkali ketersediaannya sangat minim. Berikut adalah gambar titik-titik pangkalan Hipcar di Jakarta.


Beberapa lokasi pangkalan Hipcar di Jakarta


Kita bisa mendapatkan informasi jenis mobil
warna mobil, jenis plat nomor, dan
ketersediaan kartu fuel card
Dari aplikasi akan kelihatan ketersediaan mobil di masing-masing pangkalan, dan setiap pangkalan jenis-jenis mobil nya pun berbeda, ada avanza, xenia, mobilio, calya, ertiga, alya, agya dengan pilihan transmisi automatic dan manual. Dan untuk menuju pangkalan tersebut dari tempat tinggal kita, apabila menggunakan ojek online, kita akan mendapatkan reimburse dari pihak Hipcar maksimal Rp.30.000,00. wah keren ga sih hehe. Selain itu operasional Hipcar adalah 24 jam, jadi kita bebas mau menggunakan aplikasi ini kapan saja sesuai kebutuhan kita.

Akhirnya saya berkesempatan mencoba aplikasi ini ketika teman-teman kantor ingin berpergian ke Taman Safari Cisarua Bogor pada hari Minggu. Oh ya, sebelum melakukan sewa mobil, kita bisa menggunakan menu Fee pada aplikasi Hipcar untuk menghitung perkiraan biaya yang akan dihabiskan selama kita menyewa mobil. Dan yang paling keren, biaya sewa ini sudah include bensin. Misal di sini , saya akan menyewa Avanza Matic selama 8 jam , maka biaya nya akan seperti ini, dengan free kilometer setiap jam sejauh 10km dengan maksimal 24 jam sejauh 240km dengan biaya sewa 500.000 include bensin, apabila lebih kita akan kena charge Rp1000,00/km. 

Kita dapat memperkirakan biaya sewa melalui aplikasi
Kemudian setelah memilih pangkalan dan mobil kita bisa melakukan sewa melalui aplikasi, kita akan diberikan waktu sekitar 10 menit untuk menuju pangkalan tempat unit terparkir. Kemudian selebihnya akan mulai dihitung jam dan biaya nya. Saat berhasil melakukan booking kita akan diinformasikan plat nomor unitnya, jadi tinggal mencarinya saja di pangkalan sesuai petunjuk di aplikasi.

Waktu itu saya booking unit di salah satu apartemen di Kemayoran, Jakpus pada sekitar pukul 4 pagi. Dan yang membuat saya takjub ketika saya chat CS pada waktu itu direspon dalam selang beberapa menit. Keren !. Setelah shalat subuh saya menuju apartemen tempat unit Hipcar terparkir, saya sempat kebingungan mencari unit, karena petunjuk yang diberikan CS berupa warung angkringan sudah tutup, hehe. Kemudian saya muterin apartemen dan ketemu juga unitnya, saya beruntung karena unit nya masih baru dan belum ada 10.000KM penggunaanya.

Loh, masuk mobilnya gimana, kan kita ga dapet kuncinya. Tenang, mobil akan terbuka otomatis ketika kita menekan tombol "Check In" pada aplikasi, atau dengan menggunakan koneksi bluetooth kita bisa unlock mobilnya, keren banget pokoknya. Oh ya sebelum check in kita akan diminta untuk foto selfie terlebih dahulu, lalu diminta untuk melaporkan kondisi unit. Jadi kita harus teliti mobilnya di semua sisi, apakah ada penyok, baret atau kerusakan lain. Berikut penampakan unit yang sewa.

Masih baru, kinyis kinyis hehe

Setelah itu kita masuk mobil, saya sempet panik karena kuncinya ga ketemu-ketemu, tetapi kemudian saya berhasil menemukannya di kotak deket rem tangan. hehe. Jadi nanti di dalam mobil akan ada STNK, kontak, dan Kartu Pertamina. Kemudian mobil bisa dipakai untuk perjalanan. Dalam unit kita akan mendapatkan kartu pertamina, yang bisa digunakan untuk mengisi bensin di SPBU Pertamina Retail berkode 31 (SPBU COCO). Apabila tidak ada SPBU COCO di dekat kita, maka biaya bensin kita tetep bisa direimburse asalkan sesuai dengan ketentuan dan prosedur yang ditentukan oleh pihak Hipcar. Sesampainya di SPBU, kita tinggal menunjukkan kartu tersebut kepada petugas SPBU sebelum mengisi bensin, dan isi bensin sesuai dengan jenis bensin yang ada di kartu, kebetulan kemarin petunjuknya adalah dengan pertalite.

Kartu Pertamina
STNK, namun ga tau ini STNK nya kertas dan hasil scan -_-
Saya menggunakan mobil ini dari pagi selekas subuh sampai sekitar pukul sebelas malam dengan rute Jakarta Pusat menuju Taman Safari Bogor pulang pergi di hari yang sama. Pengalamannya menyenangkan sih, karena unit masih baru, tidak ada kendala berarti selama perjalanan, biaya ojek online saya ke pangkalan juga di reimburse, pertanyaan saya di Livechat direspon dengan cepat. Sewaktu berangkat kondisi mobil terisi bensin penuh, kemudian saya isi lagi sewaktu pulang dan menghabiskan sekitar Rp.180.000 an, dengan biaya sewa Rp500.000,00 yang sudah include bensin, menurut saya ini cukup terjangkau.


Struk pengisian bensin
Total rincian reservasi

Setelah menggunakan unit ada baiknya kita mencuci unit tersebut apabila kondisinya kotor, adapun biaya pencucian juga akan direimburse oleh pihak Hipcar, sayang karena waktu itu sudah larut malam saya kembali, maka saya tidak sempat mencucikan unit yang saya sewa. Jadi selain biaya ojek online menuju pangkalan, ada biaya lain yang dapat direimburse oleh pihak Hipcar yakni biaya cuci mobil dan pengisian angin ban.

Kita harus memarkirkan unit di tempat awal kita menyewa unit, baru kita bisa check out di aplikasi. Jangan lupa bersihkan unit dari sampah sewaktu kita menggunakan agar pengguna selanjutnya merasa nyaman. Simpan kembali kartu pertamina, kunci mobil dan STNK di tempat yang aman. Kemudian setelah keluar dan menekan tombol check out mobil akan otomatis terkunci kembali dan saldo HipCar akan berkurang sesuai dengan penggunaan. 

Overall, sangat menyenangkan menggunakan layanan sewa mobil lepas kunci melalui aplikasi Hipcar. Saya berharap semakin banyak unit yang dapat di sewa dan pangkalannya dapat bertambah juga, bahkan di kota kota lain seperti Jogja atau Surabaya hehe. Menurut saya semua keunggulan di bawah ini memang benar-benar saya rasakan. Hehe



Untuk temen-temen yang pertama kali ingin mencoba aplikasi Hipcar bisa menggunakan kode referral saya yakni 

 3Z27J2W8
*temen-temen akan mendapatkan free credit sebesar Rp50.000,00*

Selamat mencoba ... :)

Comments

  1. wah keren dah kayak sewa otoped aja.. ngga ketemu operator :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekarang sudah tutup layanan nya kak, karena mungkin ada banyak fraud terjadi, yaa rental konvensional aja masih banyak fraud, apalagi online gini ...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketan Susu Kemayoran, Ketan Susu Legendaris dari Kemayoran, Jakarta

Awal mula perkenalan saya dengan ketan susu ini saat saya menonton sebuah acara kuliner di salah satu stasiun televisi swasta. Saya begitu tertarik lantaran warung ketan susu ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Nah bisa dibayangin kan sudah berapa lama ini warung bertahan. Selain itu hal menarik lainnya adalah dengan dipadukannya ketan susu dengan gorengan berupa tempe, wah ini belum pernah saya coba. Alhasil saya pun segera browsing dan mencari lokasi ketan susu legendaris satu ini. Letak warung ketan susu ini berada di Jalan Kemayoran Gempol, dulu daerah sini ada bandara sih katanya, Bandara Kemayoran, nah ini yang jadi alasan juga kenapa warung ketan susu ini buka 24 jam, yakni untuk memanjakan para pilot yang mungkin butuh pengganjal perut selepas melakukan penerbangan, gitu sih ceritanya.. hehe. Nah, mungkin temen-temen dari daerah Jabodetabek kalau ingin mencoba mencicipi ketan susu ini bisa naik KRL dan turun Stasiun Kemayoran dilanjut jalan kaki ( kalau kuat ) dan atau bis

Solo Travel Backpacker ke Jepang | Persiapan

Pertama kali dengar kata Jepang, saya teringat ketika dulu waktu SMA, saya pernah berjuang untuk bisa merasakan pengalaman student exchange dan beasiswa kuliah di Jepang. Waktu itu sebenarnya saya bisa memilih banyak negara, tapi saya memantapkan niat untuk memilih Jepang sebagai negara tujuan. Selain itu, inspirasi ke Jepang juga datang dari Guru Bahasa Inggris saya, Pak Eko Adri, yang pernah mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang, anak sulungnya yang juga kakak kelas saya juga berhasil dapetin kesempatan student exchange ke Jepang selama beberapa minggu. Tapi apa daya, saya cuman bisa lolos sampai tahap wawancara di Malang. Alhasil mimpi saya bisa nyebrang ke Jepang kandas. Tak berhenti di situ, mendekati kelulusan saya coba lagi mendaftar Beasiswa Monbugakuso dari Pemerintah Jepang, tapi seleksi administrasi pun saya sudah gagal. Mungkin karena saya ketinggian kali ya ambil jurusannya, kalau gak salah inget sih ambil jurusan undergraduate di bidang pertambangan, wk. Akhirnya semenja